ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PAGARALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini dapat membantu meningkatkan proses bisnis perusahaan maupun instansi. Penerapan sistem informasi juga sangat membantu sebuah instansi dalam melakukan perkembangan dalam menghadapi persaingan. Faktor-faktor sebagai penentu agar sebuah sistem dapat berjalan dengan baik dan benar adalah penggunaan sistem dan solusi teknologi yang memadai. Tanpa memiliki sistem yang memadai, sulit bagi sebuah instansi untuk meningkatkan kualitas layanan. Kepuasan pengguna dapat diketahui dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan penerapan sistem informasi. Metode yang digunakan penulis pada kali ini adalah metode WEBQUAL yang merupakan salah satu metode pengukuran kualitas website yang dikembangkan oleh Stuart Barnes pada tahun 2000. Metode ini merupakan pengembangan dari SERVQUAL yang banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa secara umum. Terdapat tiga dimensi pengukuran dari WEBQUAL yaitu Usability (Kegunaan), Information Quality (Kualitas Informasi), dan Service Interaction (Interaksi Pelayanan).