ANALISIS SYSTEM E-BILLING UNTUK PEMBAYARAN PAJAK UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PALEMBANG
Abstract
Perkembangan era globalisasi sekarang ditandai oleh berbagai macam perubahan dalamĀ berbagai aspek kehidupan manusia.Dengan semakin meningkatnya teknologi dan informasi di Indonesia. Direktorat jenderal pajak memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut dengan berusaha memenuhi aspirasi wajib pajak dengan mempermudah tata cara pembayaran pajak di Indonesia.Salah satu penerapan teknologi dalam perpajakan adalah menggunakan metode pembayaran berbasis online yaitu E-Billing yang dapat menunjang kegiatan pembayaran pajak. Untuk mendukung kelancaran proses pelayanan sistem E-Billing tersebut, maka pihak direktur jenderal pajak harus menjaga kinerja dengan menjamin kepuasan wajib pajak dalam melakukan pembayaran dengan menggunakan system E-Billing. Untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap penggunaan E-Billing, pada penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction(EUCS).Penulis akan melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasaan pengguna terhadap sistem E-Billing untuk pembayaran pajak.