ANALISA KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SISTEM E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE EUCS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG
Studi Kasus Pada FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG
Abstract
Pemanfaatan e-learning sudah dimulai pada tahun 2019 dengan tools yang digunakan yaitu blended learning, namun pada saat 2020 penggunaan e-learning diperbaharui dengan tampilan-tampilan yang lebih diperbaharui seperti adanya penambahan fitur virtual meeting yang dapat dilakukan melalui e-learning. Untuk mendukung proses pelayanan e-learning biasanya pihak Universitas harus menjaga kinerja dengan memberikan jaminan kepuasan bagi pengguna dengan mengasumsikan aspek sistem yang sudah stabil. Akan tetapi permasalahan yang didapat yaitu belum adanya suatu pengukuran kepuasan pengguna terhadap e-learning yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan responden sebanyak 375 mahasiswa aktif dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan mengukur tingkat kepuasan pengguna E-learning menggunakan metode EUCS yang berdasarkan 5 variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use, timeliness, dan satisfaction. Hasil yang didapatkan hipotesis yang diterima yaitu content, accuracy, ease of use, dan timeliness, sedangkan hipotesis ditolak yaitu format.