PERANCANGAN BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Studi Kasus pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang

  • Vidya Octavianti Universitas Bina Darma
  • Kiky Rizky Nova Wardani Universitas Bina Darma

Abstract

SMP Patra Mandiri 2 Palembang yang merupakan salah satu satuan pendidikan. Ditengah status kedaruratan kesehatan sementara waktu proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka, semua sistem pembelajaran ini dilakukan secara daring. Proses pembelajaran melibatkan berbagai pihak, tidak hanya guru dan siswa, namun peran bahan ajar juga sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar ialah materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang dipakai dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Didalam mata pelajaran teknologi informasi komunikasi juga sering diselenggarakan di laboratorium komputer, dimana guru masih menggunakan buku pedoman untuk memberikan panduan kepada siswa ketika praktek di laboratorium komputer. Hal ini dapat menghambat dan memiliki keterbatasan dalam proses penyampaian ilmu pengetauan yang berkembang cepat. Model pembelajaran Contextual Teacing and Learning salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini dirancang website bahan ajar untuk mempermudah guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar secara daring. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan bahan ajar teknologi informasi komunikasi berbasis contextual teaching and learning yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar mengajar bagi guru dan siswa.

Kata kunci:  Bahan Ajar, Teknologi Informasi Komunikasi, Contextual Teaching and Learning, Website, SMP Patra Mandiri 2 Palembang.

Published
2022-11-12