IMPLEMENTASI METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM TRANSAKSI PENJUALAN SEMBAKO BERBASIS ANDROID
Abstract
UD Niar merupakan perusahaan yang bergerak penjualan sembako di kota Baturaja. Dalam proses proses pemasaran masih dilakukan secara manual bertatap muka. maka dari itu perlu adanya sebuah sistem untuk mengefektifkan dan mengefisienkan itu semua. Adapun sistem yang dibangun untuk frontend mencakup proses informasi produk, pembelian, notifikasi promo dan konsultasi keluhan, Sedangkan sistem untuk backend mencakup pengelolaan transaksi pembelian, data customer, pengelolaan info sembako, pengelolaan data keluhan dan laporan penjualan perbulan. Dalam pembangunan sistem penulis menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) sebagai metode pengembangan sistem. Sistem layanan perbaikan yang dibuat menggunakan dua platform untuk frontend menggunakan android, untuk backend menggunakan PHP dan database menggunakan MySQL. Dari sistem yang dibangun dapat memberikan solusi untuk proses pemasaran sembako yang terkomputerisasi dan media komunikasi antara konsumen dan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.