Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

IMPLEMENTASI METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM TRANSAKSI PENJUALAN SEMBAKO BERBASIS ANDROID

  • Dikki Wahyudi Universitas Bina Darma
  • Hutrianto Hutrianto Universitas Bina Darma

Abstract

UD Niar merupakan perusahaan yang bergerak penjualan sembako di kota Baturaja. Dalam proses proses pemasaran masih dilakukan secara manual bertatap muka. maka dari itu perlu adanya sebuah sistem untuk mengefektifkan dan mengefisienkan itu semua. Adapun sistem yang dibangun untuk frontend mencakup proses informasi produk, pembelian, notifikasi promo dan konsultasi keluhan, Sedangkan sistem untuk backend mencakup pengelolaan transaksi pembelian, data customer, pengelolaan info sembako, pengelolaan data keluhan dan laporan penjualan perbulan. Dalam pembangunan sistem penulis menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) sebagai metode pengembangan sistem. Sistem layanan perbaikan yang dibuat menggunakan dua platform untuk frontend menggunakan android, untuk backend menggunakan PHP dan database menggunakan MySQL. Dari sistem yang dibangun dapat memberikan solusi untuk proses pemasaran sembako yang terkomputerisasi dan media komunikasi antara konsumen dan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Published
2022-10-26