THE SISTEM INFORMASI PENGADUAN SARAN DAN MASUKAN (SIAP SAMA) PADA BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MUSI BANYUASIN
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MUSI BANYUASIN
Abstract
Era modern seperti saat ini banyak sektor kehidupan yang tidak terlepas dari penggunaan teknologi komputer dan internet, khususnya pada bidang sektor pelayanan publik. Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan salah satu instansi yang melayanin publik dalam urusan data statistik salah satunya yaitu Badan Pusat Statistik Musi Banyuasin dalam pelaksanaan pelayanannya, penilaian yang dilakukan masih terbatas dengan cara mengisi form yang dibagikan kepada responden setelah itu di rekap kembali dalam setiap bulan kemudian diserahkan kepada pimpinan. Berdasarkan laporan tersebut perlu dilakukan suatu tindakan dan pembenahan yang baik dan tepat dalam memanfaatkan teknologi dengan membangun sistem informasi pengaduan saran dan masukan (SIAP SAMA) menggunakan metode pendekatan Object Oriented Analysis and Desain (OOAD), sehingga responden bisa mengakses sistem tersebut untuk melakukan pengaduan saran dan masukan. Tidak hanya itu laporan yang disajikan akan di kelompokkan berdasarkan kategori berdasarkan kategori pelayanan dan Tindakan yang dilakukan bisa di pantau perkembangannya. Sehingga solusi tersebut bisa menjunjung pelayanan publik demi mencapai good government. Sistem Informasi Pengaduan Saran dan Masukan pada Badan Pusat Statistik ini mampu meningkatkan pelayanan public supaya lebih efektif dan efisien. Sistem informasi ini dapat meningkatkan kinerja karyawan dan memperluas jangkauan dalam pengaduan terhadappelayanan yang di berikan