ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN E-LEARNING PADA INSTITUT ILMU KESEHATAN DAN TEKNOLOGI MUHAMMDIYAH PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
Abstract
E-learning mempunyai peran sangat penting untuk memajukan dunia pendidikan, karena dengan adanya E-learning dapat membantu kegiatan belajar mengajar. Salah satu perguruan tinggi di kota Palembang yaitu Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang telah menggunakan E-learning berbasis website sejak tahun 2017, yang berfungsi sebagai media pembelajaran online, pada penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) adalah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi keperawatan dari tahun Angkatan 2017- 2020. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 219 responden. Dari hasil pengujian Hipotesis pada Uji F berdasarkan pernyataan hipotesis Ha yang menyatakan bahwa pada variabel independen yaitu Isi, Akurasi, Bentuk, Kemudahan dan Ketepatan Waktu secara bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikan (P Value) 0.000 lebih kecil dari nilai α = 0.05 atau 0.000 < 0.05. Atas dasar perbandingan tersebut maka Hipotesis Ha diterima atau dengan kata lain bahwa variabel independen yaitu Isi, Akurasi, Bentuk, Kemudahan dan Ketepatan Waktu secara bersamaan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna
Kata kunci: E-learning, Kepuasan Pengguna, Eucs