IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMANFAATAN MOODLE (STUDI KASUS : SMK PELAYARAN SINAR BAHARI PALEMBANG)
SMK PELAYARAN SINAR BAHARI PALEMBANG
Abstract
Teknologi informasi yang diterapkan dalam dunia pendidika yaitu ialah e-learning, elearning merupakan salah sati inovasi yang mempunyai manfaat besar terhadap perubahan dalam proses pembelajaran. Sistem pembelajaran online learning masih belum di implementasikan di sekolah SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang. Moodle merupakan sebuah kependekan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle merupakan nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran ke dalam bentuk web. Dengan program ini siswa dapat masuk ke dalam ruang kelas digital untuk mengakses materi pembelajaran. Tahapan dalam pembuatan sistem dengan menggunakan metode RUP (Relational Unified Process), RUP memiliki 4 fase yang dilakukan secara iterative (berulang-ulang), yaitu adalah inception (permulaan), elaboration (perluasan/perencanaan), construction (konstruksi), dan transition (transisi). Hasil dari penelitian ini yaitu sistem yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran e-learning dengan menggunakan dan memanfaatkan platform moodle, Sistem e-learning ini memiliki 3 user diantaranya adalah admin, guru dan siswa, sistem informasi e-learning berbasis web yang dapat diakses melalui web browser. Sistem e-learning ini dapat di akses dan digunakan oleh guru dan siswa SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang.
Kata kunci : E-Learning, Moodle, RUP (Relational Unified Process), SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang.