Rancang Bangun Aplikasi Sub Agen Joyday
(Studi Kasus : Kec/Desa Tulung Selapan)
Abstract
Aplikasi sub agen joyday merupakan aplikasi pemesanan es krim berbasis mobile android yang dirancang dan dibangun untuk mengatasi permasalahan yang dialami agen dan pelanggan dalam proses pemesanan es krim dan pengelolaan data nya. Munculnya kebutuhan akan aplikasi ini dikarenakan kurang efektifnya proses pemesanan melalui whatsapp ataupun telepon yang terkadang menyebabkan kesalahan jenis es krim yang dipesan dan rumitnya pendataan pesanan pelanggan yang dilakukan oleh agen. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah proses bisnis yang berjalan antara agen dengan pelanggannya dan juga meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin bisa terjadi akibat kelalaian manusia (human error). Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode prototype dan menerapkan metode UCD (User Centered Design) dalam perancangan desainnya, yang dimana metode tersebut menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sebuah sistem. Pengembangan aplikasi menggunakan metode prototype ini dimulai dari melakukan komunikasi dan pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, menggunakan sistem. Sehingga dengan metode tersebut hasil akhir yang didapatkan nantinya akan benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.