Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Korea Berbasis Multimedia
Abstract
ABSTRAK
Hallyu atau Korean wave merupakan pop culture berasal dari Republik Korea Selatan. Dengan penyebaran budaya korea melalui Hallyu wave secara tidak langsung menjadi pengaruh pada tinggi banyaknya minat terhadap Korea Selatan, karena semakin banyak pencinta K-pop dan K-drama setiap tahunnya sehingga meningkatnya minat para pencinta K-pop dan K-drama untuk mempelajari bahasa Korea. Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti bahasa Korea yang dimana akhir-akhir ini banyak sekali hal yang berhubungan dengan Korea dan menjadi bahan perbincangan masyarakat di Indonesia. Dengan melakukan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode studi literatur atau kepustakaan dan metode kuesioner. Untuk metode pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan untuk mendukung pembuatan media pembelajaran interaktif akan menggunakan software Adobe Animate CC, Adobe Photoshop 2015, Audacity. Media ini akan diuji coba dengan Black Box testing. Kemudian akan diimplementasikan dalam sebuah bentuk Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Korea Berbasis Multimedia. Hasil dari media pembelajaran interaktif bahasa Korea berbasis multimedia ini diharapkan dapat mempermudah untuk para pemula belajar bahasa Korea.
Kata kunci: Hallyu wave, Multimedia Development Life Cycle, Bahasa Korea, Adobe animate, Blackbox testing, Hangeul.
Hallyu or Korean wave is a pop culture originated from the Republic of South Korea. With the spread of Korean culture through the Hallyu wave indirectly became an influence on the high number of interests in South Korea, as more and more K-pop and K-drama lovers every year so that the increasing interest of K-pop and K-drama lovers to learn Korean. In this study, the authors will examine Korean language which lately has a lot of things related to Korea and become the subject of public discussion in Indonesia. By conducting data collection methods using interview methods, literature study methods and questionnaire methods. For system development methods in this study using Multimedia Development Life Cycle (MDLC) and to support the creation of interactive learning media will use adobe animate cc software, Adobe Photoshop 2015, Audacity. This media will be tested with Black Box testing. Then it will be implemented in a form of Multimedia-Based Korean Interactive Learning Media. The results of this interactive multimedia-based Korean language learning media is expected to make it easier for beginners to learn Korean.
Keywords: Hallyu wave, Multimedia Development Life Cycle, Korean, Adobe animate, Blackbox testing, Hangeul .