Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNA BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE WISATA KOTA PAGARALAM

  • Ananda Edbie Pratama universitas bina darma
  • Dinny Komalasari Universitas Bina Darma
Keywords: Keywords: Webqual, Website Quality, User Satisfaction

Abstract

Dinas parawisata pagaralam perlu memiliki sebuah website yang baik untuk melakukan penyampaian informasi dan layanan kepada seluruh masyarakat umum, instansi dan pegawai yang berada dibawah nauangannya. Proses evaluasi sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari sebuah website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi pengguna saat ini ketika mengakses website tersebut sehingga dihasilkan rekomendasi sebagai pengembangan untuk meningkatkan kualitas website dinas parawisata pagaralam. Sampel dari penelitian ini meliputi 385 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan webqual 4.0 yang memiliki 3 variabel independen yaitu usability, information quality dan service interaction quality dan 1 variabel dependen yaitu kepuasan pengguna (user satisfaction). Dari hasil uji F diperoleh hasil bahwa variabel usability, information quality dan service interaction quality secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil uji T menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga diberikan rekomendasi berdasarkan 3 variabel independen dari webqual. Rekomendasi tersebut adalah melakukan penambahan halaman panduan untuk penggunaan website, melakukan penataan halaman utama pada bagian daftar berita, informasi dan pengumuman yang kurang tertata rapi dan menyediakan fasilitas chatting atau tanya jawab yang interaktif untuk menunjang hubungan antara  dengan instansi. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas website dinas parawisata kota pagaralam.

Keywords: Webqual, Website Quality, User Satisfaction

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

The pagaralam tourism agency needs to have a good website to deliver information and services to all the general public, agencies and employees under its control. The evaluation process is needed to improve the quality of a website. The purpose of this study is to measure the current user's perceptions when accessing the website so that a recommendation is generated as a development to improve the quality of the website of the pagaralam tourism service. The sample of this study included 385 respondents who were calculated based on the Cochran formula and using purposive sampling technique. This study uses webqual 4.0 which has 3 independent variables, namely usability, information quality and service interaction quality and 1 dependent variable, namely user satisfaction. From the results of the F test, it is found that the variables usability, information quality and service interaction quality together have an influence on user satisfaction. From the results of the T test shows that each of the independent variables also has a significant effect on the dependent variable. So that a recommendation is given based on 3 independent variables from webqual. The recommendation is to add a manual page for the use of the website, organize the main page in the unorganized list of news, information and announcements and provide interactive chat or question and answer facilities to support the relationship between website users and agencies. With these recommendations, it is hoped that it will be able to improve the quality of the website of the tourist service in the city of pagaralam.

Keywords: Webqual, Website Quality, User Satisfaction

 

 

 

Published
2021-11-03