ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNA BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE WISATA KOTA PAGARALAM
Abstract
Dinas parawisata pagaralam perlu memiliki sebuah website yang baik untuk melakukan penyampaian informasi dan layanan kepada seluruh masyarakat umum, instansi dan pegawai yang berada dibawah nauangannya. Proses evaluasi sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari sebuah website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi pengguna saat ini ketika mengakses website tersebut sehingga dihasilkan rekomendasi sebagai pengembangan untuk meningkatkan kualitas website dinas parawisata pagaralam. Sampel dari penelitian ini meliputi 385 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan webqual 4.0 yang memiliki 3 variabel independen yaitu usability, information quality dan service interaction quality dan 1 variabel dependen yaitu kepuasan pengguna (user satisfaction). Dari hasil uji F diperoleh hasil bahwa variabel usability, information quality dan service interaction quality secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil uji T menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga diberikan rekomendasi berdasarkan 3 variabel independen dari webqual. Rekomendasi tersebut adalah melakukan penambahan halaman panduan untuk penggunaan website, melakukan penataan halaman utama pada bagian daftar berita, informasi dan pengumuman yang kurang tertata rapi dan menyediakan fasilitas chatting atau tanya jawab yang interaktif untuk menunjang hubungan antara dengan instansi. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas website dinas parawisata kota pagaralam.
Keywords: Webqual, Website Quality, User Satisfaction
ABSTRACT
The pagaralam tourism agency needs to have a good website to deliver information and services to all the general public, agencies and employees under its control. The evaluation process is needed to improve the quality of a website. The purpose of this study is to measure the current user's perceptions when accessing the website so that a recommendation is generated as a development to improve the quality of the website of the pagaralam tourism service. The sample of this study included 385 respondents who were calculated based on the Cochran formula and using purposive sampling technique. This study uses webqual 4.0 which has 3 independent variables, namely usability, information quality and service interaction quality and 1 dependent variable, namely user satisfaction. From the results of the F test, it is found that the variables usability, information quality and service interaction quality together have an influence on user satisfaction. From the results of the T test shows that each of the independent variables also has a significant effect on the dependent variable. So that a recommendation is given based on 3 independent variables from webqual. The recommendation is to add a manual page for the use of the website, organize the main page in the unorganized list of news, information and announcements and provide interactive chat or question and answer facilities to support the relationship between website users and agencies. With these recommendations, it is hoped that it will be able to improve the quality of the website of the tourist service in the city of pagaralam.
Keywords: Webqual, Website Quality, User Satisfaction