ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE DAN LAZADA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
Abstract
Kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan penerapan sebuah aplikasi. Salah satu nya adalah aplikasi shopee dan Lazada. Shopee & Lazada adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. belum pernah dievaluasi berdasarkan faktor kepuasan penggunanya sehingga dimungkinkan masih ditemukan beberapa masalah pada aplikasi yang berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna akhir dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mereka terhadap aplikasi shopee dan lazada ini. Penelitian kuantitatif ini dilakukan berdasarkan model End-User Computing Satisfaction (EUCS). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa sistem informasi aktif angkatan 2020 universitas bina darma palembang. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 71 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian perbandingan 2 aplikasi ini dapat mengetahui marketplace mana yang paling puas di gunakan mahasiswa.