ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PILPRES 2019 BERDASARKAN OPINI DARI TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER
Abstract
ABSTRAK
Twitter merupakan salah satu media sosial yang populer saat ini, disini pengguna twitter bebas menulis dan berkomentar tentang apapun yang ada di dinia ini. Tidak sedikit pengguna menulis statement dengan kata-kata yang kasar bahkan mengarah ke ujaran kebencian. Pemilihan presiden 2019 menuai banyak komentar di twitter, ada yang memuji ataupun mengkritik bahkan menghina. Untuk dapat menggali suatu informasi dari data twitter dan melakukan klasifikasi data tersebut, maka diperlukan analisis sentiment. Didalm penelitian ini analisis sentiment merupakan proses pengklasifilkasian dokumen dalam bentuk tekstual ke dalam dua kelas, yaitu kelas sentimen positif dan kelas sentimen negatif. Data yang akan diklsifikasi diperoleh dari jejaring sosial Twitter berupa tweet. Data yang digunakan berjumlah 3337 tweet yang terdiri dari 80% data latih dan 20% merupakan data training. Data latih me rupa kan data yang telah di ketahui sentimen nya. Peneliti an ini bertujuan untuk menentu kan tweet apakah merupakan tweet yang bernilai positif atau bernilai negatif yang didapat dari data tweet di Twitter dalam Bahasa Indonesia. Untuk mengklasifikasikan data tweet digunakan algoritma naïve bayes classifier. Hasil klasifikasi pada data uji menunjuk kan bahwa algoritma Naïve Bayes Classifier memberikan nilai akurasi sebesar 71%. Untuk nilai akurasi tiap sentimen nya yaitu sebesar 71% untuk sentimen positif dan 70% untuk sentimen negatif.
Kata Kunci : Analisis Sentimen, Klasifikasi, Naïve Bayes, Twitter, Pilpres 2019.