Analisis Usability Pada Aplikasi Grab Food di Kota Palembang Menggunakan Model Usability Nielsen
Studi Kasus pada pengguna aplikasi Grab Food di Kota Palembang yang berusia di atas 20 tahun
Abstract
Grab adalah perusahaan asal Singapura yang memberikan layanan trasportasi. Grab sendiri memiliki fitur seperti Grabbike, Grabcar, Grabfood, Grabexpress dll. Grab telah hadir di 137 kota di Indoenesia termasuk Palembang. Pada Google Playstore dan Appstore saat ini (19/10/2019). Grab memiliki rating 4.6 dari skala 5, yang berarti aplikasi Grab masih memiliki beberapa kekurangan, bahkan di kolom komentar ada yang memberikan 1 bintang dan mengatakan bahwa pada fitur Grab food saat melakukan chat itu sering kali error. Dari sini kita tahu bahwa masih ada permasalahan pada aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa permasalahan diantaranya bagaimana melakukan pengukuran usability pada aplikasi Grab food apakah variabel learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction berpengaruh terhadap variabel usability. Alasan menggunakan metode usability adalah untuk mengetahui sejauh mana kemudahan dipelajari, kemudahan digunakan, kepuasan dan efisiensi dari aplikasi Grab. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan kepada pihak Grab dalam meningkatkan usability.