DASHBOARD BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN VITAMIN KARET DAN SAWIT
PT. PATTHIR RAYA AL-JABBAR
Abstract
Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatannya, alasan lain yang menunjukkan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang sebaran lokasi pelanggan dalam suatu dashboard strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran tersebut. hasil analisis strategi pemasaran menunjukkan peningkatan total penjualan dari tahun ke tahun dan digunakan sebagai acuan efektivitas strategi pemasaran dalam persaingan antar perusahaan dengan menampilkan grafik penjualan berdasarkan dashboard penjualan karet, dashboard penjualan sawit. dashboard penjualan keseluruhan.
Kata kunci : Business Intellegince, Dashboard, Grafik,