ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING PADA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem Informasi E-Learning pada Universitas PGRI Palembang, menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) terdiri dari 5 Variabel penelitian yaitu isi (Content), akurasi (Accuracy), bentuk (Format), kemudahan (Ease Of Use) dan ketepatan waktu (Timeliness). Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji t dari ke-lima variabel, terdapat 2 variabel dinyatakan tidak berpegaruh terhadap kepuasan pengguna E-Learning yaitu Akurasi (X2) = 0.375 dan Ketepatan waktu (X5)=0.578 karena nilai Signifikan yang diperoleh lebih besar dari nilai alpha (α)= 0,05. sedangkan ke-3 variabel lainya dinyatakan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna E-Learning dengan nilai signifikan yang diperoleh Isi (X1) = 0.005, Bentuk (X3)=0.021 dan Kemudahan (X4)=0.000, karena nilai signifikan lebih kecil dari nilai alpha (α)= 0,05. Sedangkan hasil Uji F menunjukkan ke semua secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna Sistem E-Learning dengan pengaruh yang dihasilkan sebesar 80,70% dengan skor indeks kepuasan sebesar 75 % yang berarti tanggapan pengguna adalah baik.
Kata kunci: Analisis, Kepuasan E-learning, EUCS.