Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

Penerapan Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Studi Kasus SD Bina Warga Palembang

  • Agit Cahya Negara Universitas Bina Darma
  • Nurul Huda Universitas Bina Darma

Abstract

Abstrak – Perkembangan teknologi informasi. saat ini begitu berpengaruh sangat signifikan, terlebih pada bidang pendidikan untuk. melakukan hal baru yang dapat. menunjang kegiatan belajar. Dengan. perkembangan teknologi saat ini, diharapkan. siswa bisa lebih mengenal teknologi dan memanfaatkannya sebagai alat bantu dalam mengikuti pelajaran disekolah maupun dirumah. Salah satu contoh bentuk perkembangan teknologi tersebut adalah dengan adanya augmented reality (AR). Penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai dasar pembuatan perangkat lunak pengenalan Bangun Ruang untuk anak SD dapat digunakan dengan mudah dan mudah dipahami Aplikasi ini terdiri dari 5 opsi menu yaitu, Menu Mulai, Menu Soal, Menu Panduan , Menu Credit Pengujian pada Blackbox menunjukan semua fitur yang terdapat dalam perangkat lunak ini dapat berjalan sesuai yang telah diharapkan sejak awal pengembangan dan pembuatan. Pada pengujian Usabilitas , menunjukan hasil koresponden sangat tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 92%. Dimana berdasarkan pengujian usabilitas, aplikasi pembelajaran bangun ruang ini dapat memenuhi kriteria karena hasil dari rata-rata pengujian usabilitas >60%. Kata kunci : Augmented Reality (AR), bangun ruang, media pembelajaran. Multimedia Development Life Cycle MDLC


Abstract - The progress of information technology is so fast that it affects the world of education to make innovations that can support learning activities. It is hoped that students can get to know more about technological developments and use them as learning aids. One example of this form of technological development is augmented reality (AR). The use of Augmented Reality (AR) as the basis for making the Building Space recognition software for elementary school children can be used easily and easily understood. This application consists of 5 menu options, namely, Start Menu, Question Menu, Guide Menu, Credit Menu Testing on the Blackbox shows all features contained in this software can run as expected since the beginning of development and manufacture. In the usability test, the correspondence result is very high, with an average value of 92%. Where based on reusability testing, this learning application can meet the criteria because the results of the average reusability testing> 60%.
Keywords: Augmented Reality (AR), building space, learning media. MDLC Multimedia Development Life Cycle

Published
2021-06-23