Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Bagi Guru Di Desa Durian Gadis
Abstract
Di era zaman saat ini guru harus mengembangkan literasi digital, terutama dalam menciptakan media pembelajaran. Pelatihan membuat media pembelajaran menggunakan Canva diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan literasi digital guru SDN 24 Rambutan, Banyuasin, Sumatra Selatan. Kegiatan ini berjalan dalam 2 fase yakni pelatihan dan pasca pelatihan. Tahap pelatihan dengan cara pelatihan dan pembimbingan pembuatan media pembelajaran digital menggunakan Canva. Dan kedua pasca pelatihan atau evaluasi yakni pemberian kuesioner pasca pelatihan, penugasan/pembuatan proyek oleh peserta, serta pengaplikasian media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran. Hasil pelatihan ini menunjukan bahwa 75% guru memberikan persepsi positif serta tertarik untuk menggunakan Canva untuk membuat media pembelajaran digital dan 75% guru berpendapat bahwa Canva mudah digunakan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, Berdasarkan pelaksaan pelatihan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan Canva ini dapat meningkatkan kemampuan literasin digital guru serta dapat menambahkan keberagaman media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik. Pelatihan canva ini memiliki dampak terhadap pembelajaran diantaranya guru dapat mengetahui cara pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif, pembelajaran menjadi lebih berkreasi dan tidak mononton, terdapat perubahan dari pembelajaran yang hanya bisa saja menjadi lebih baik dan menyenangkan