Mengajar Public Speaking Pada Anak-Anak Kelas 6 SDN 1 Rambutan Desa Pangkalan Gelebak
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Public Speaking anak-anak kelas 6 di SD Negeri 01 Rambutan adalah kemampuan Public Speaking siswa masih rendah. Hal itu dikarenakan oleh ketidak percayaan diri , kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran Public Speaking dan rendahnya minat belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan media berupa teks, suara,dan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Membantu guru mengajarkan materi pembelajaran Public Speaking; (2) Anak-anak kelas 6 SD Negeri 01 Rambutan di Desa Pangkalan Gelebak memperoleh pengetahuan Public Speaking secara mendasar dan mudah dipahami; (3) Minat belajar Public Speaking anak-anak kelas 6 SD Negeri 01 Rambutan di Desa Pangkalan Gelebak meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan analisis kualitatif. Dimana data kualitatif tersebut diperoleh dari observasi dan literasi yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan, penerapan menggunakan teks, suara, dan video dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes secara keseluruhan, khususnya adanya peningkatan proses belajar mengajar. Peningkatan Public Speaking siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, pendekatan guru, media, strategi, kegiatan di kelas dan pengelolaan kelas. Oleh sebab itu, peneliti ingin melanjutkan penerapan strategi tersebut dan menyarankan kepada guru-guru untuk menerapkannya di kelas yang mereka ajarkan.