Meningkatkan Minat Belajar dan Pengetahuan Bahasa Inggris Pada Anak-anak di Desa Pangkalan Gelebak
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 01 Rambutan adalah kemampuan berbahasa Inggris siswa masih rendah. Hal itu dikarenakan oleh keterbatasan kosa kata, kurangnya pemahaman terhadap struktur Bahasa Inggris dan rendahnya minat belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan media berupa teks, gambar, suara, animasi, dan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Membantu guru mengajarkan materi pembelajaran Bahasa Inggris; (2) Anak-anak di Desa Pangkalan Gelebak memperoleh pengetahuan Bahasa Inggris secara mendasar dan mudah dipahami; (3) Minat belajar Bahasa Inggris anak-anak di Desa Pangkalan Gelebak meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan analisis kualitatif. Dimana data kualitatif tersebut diperoleh dari variable social yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan, penerapan gambar, video, animasi dan suara dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes secara keseluruhan, khususnya adanya peningkatan proses belajar mengajar. Peningkatan berbahasa Inggris siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, pendekatan guru, media, strategi, kegiatan di kelas dan pengelolaan kelas. Oleh sebab itu, peneliti ingin melanjutkan penerapan strategi tersebut dan menyarankan kepada guru-guru untuk menerapkannya di kelas yang mereka ajarkan.