Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

Pengembangan Konsep Layanan Berbasis E-Government to Citizen Di Bidang Kesejahteraan Rakyat

  • Nia Aggreta Universtias Bina Darma
  • Darius Antoni Universtias Bina Darma
  • muhamad Akbar Universtias Bina Darma
Keywords: Pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi–TIK (Information and Communication Technologies –ICT) telah menjadi tren global, termasuk untuk digitalisasi sektor pemerintahan yang lebih dikenal dengan Electronic Government (E-Government), Pengembangan E-Government oleh suatu institusi pemerintah bertujuan untuk meningkatkan konektivitas informasi dan layanan secara cepat dan efisien, tidak hanya antar institusi tetapi juga tak kalah penting dengan masyarakat sebagai pengguna layanan publik. Kualitas pelayanan sangatlah penting di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP), Mengingat hampir semua proses pelayanan terdapat di dinas DPM-PTSP Kota Palembang. Seperti halnya kualitas pelayanan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya masih banyak dikeluhkan, khususnya mengenai informasi yang di dapat masyarakat kurang jelas relatif belum optimal dan pengaturan kerja staff kurang efisien, fasilitas yang sangat terbatas, tidak jelasnya informasi yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan publik, sehingga masyarakat harus bolak balik untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk mengurus suatu informasi tentang pelayanan di bidang kesejahteraan rakyat khususnya. Sehingga mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat tidak optimal, untuk itu dikembangkannya konsep layanan E-Government to Citizen (G2C) di bidang kesejahteraan rakyat, dimana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada beberapa daerah di indonesia sudah menerapkan G2C seperti layanan Surat Keterangan Miskin. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan metode SEM (Structural Equation Modelling) yang bertujuan mengidentifikasi pengembangan konsep layanan dan untuk menganalisa variabel Informasi Layanan Rumah Tangga Miskin. Tujuan penelitian menghasilkan Informasi Layanan Rumah Tangga Miskin dengan 6 (enam) indikator yaitu Integrated Data Penduduk Miskin, Integrated Data Masyarakat Miskin menggunakan Geographic Information System (GIS), Informasi masyarakat miskin yang menerima bantuan, Profil dari Rumah Tangga Miskin Penerima Bantuan, Layanan Pengajuan Masyarakat Miskin, dan Surat Keterangan Miskin.

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi–TIK (Information and Communication Technologies –ICT) telah menjadi tren global, termasuk untuk digitalisasi sektor pemerintahan yang lebih dikenal dengan Electronic Government (E-Government), Pengembangan E-Government oleh suatu institusi pemerintah bertujuan untuk meningkatkan konektivitas informasi dan layanan secara cepat dan efisien, tidak hanya antar institusi tetapi juga tak kalah penting dengan masyarakat sebagai pengguna layanan publik. Kualitas pelayanan sangatlah penting di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP), Mengingat hampir semua proses pelayanan terdapat di dinas DPM-PTSP Kota Palembang. Seperti halnya kualitas pelayanan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya masih banyak dikeluhkan, khususnya mengenai informasi yang di dapat masyarakat kurang jelas relatif belum optimal dan pengaturan kerja staff kurang efisien, fasilitas yang sangat terbatas, tidak jelasnya informasi yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan publik, sehingga masyarakat harus bolak balik untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk mengurus suatu informasi tentang pelayanan di bidang kesejahteraan
rakyat khususnya. Sehingga mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat tidak optimal, untuk itu dikembangkannya konsep layanan E-Government to Citizen (G2C) di bidang kesejahteraan rakyat, dimana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada beberapa daerah di indonesia sudah menerapkan G2C seperti layanan Surat Keterangan Miskin. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan metode SEM (Structural Equation Modelling) yang bertujuan mengidentifikasi pengembangan konsep layanan dan untuk menganalisa variabel Informasi Layanan Rumah Tangga Miskin. Tujuan penelitian menghasilkan Informasi Layanan Rumah Tangga Miskin dengan 6 (enam) indikator yaitu Integrated Data Penduduk Miskin, Integrated Data Masyarakat Miskin menggunakan Geographic
Information System (GIS), Informasi masyarakat miskin yang menerima bantuan, Profil dari Rumah Tangga Miskin Penerima Bantuan, Layanan Pengajuan Masyarakat Miskin, dan Surat Keterangan Miskin. 

Published
2018-10-31