Penerapan Business Intelligence Pada Sistem Informasi Monitoring Transaksi Penjualan Daya Beli Konsumen
Abstract
ABSTRAK
PT. Primafood merupakan perusahaan dagang yang berfokus pada penjualan makanan olahan beku, Perusahaan ini memiliki tumpukan data-data penjualan, namun belum memiliki pengolahan data yang baik, sehingga mengalami kesulitan dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan manajer seperti mengetahui hasil penjualan produk perbulan ataupun pertahunnya dan memantau daya beli konsumen.
Dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan suatu informasi yang akurat sangat dibutuhkan dalam perkembangan bisnis perusahaan. Beberapa manfaat perkembangan teknologi yang mendukung proses bisnis perusahaan yaitu membantu perusahaan dalam mengelola informasi yang didapat dan membantu perusahaan dalam meningkatkan performa dalam pengambilan keputusan. Dengan merancang dashboard business intelligence diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang sedang terjadi pada PT. Primafood Palembang dalam mengelola data penjualan sehingga dapat menghasilkan kebutuhan informasi yang dibutuhkan manajer dalam perkembangan bisnis perusahaan.
Kata Kunci : Business Intelligence, Dashboard, Penjualan
ABSTRACT
PT. Prima food is a trading company that focuses on the sale of frozen processed foods, this company has a pile of sales data, but does not yet have good data processing, so that it has difficulty in presenting information needed by managers such as knowing the results of monthly or annual product sales and monitoring purchasing power consumer.
With the progress of information technology as it is today, the need for an accurate information is needed in the development of the company's business. Some of the benefits of technological developments that support the company's business processes are helping companies manage the information obtained and assist companies in improving performance in decision making. By designing a business intelligence dashboard it is expected to be able to overcome the problems that are happening at PT. Primafood Palembang in managing sales data so that it can produce information needs needed by managers in the development of the company's business.
Keywords: Business Intelligence, Dashboard, Sales