ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) PADA KANTOR URUSAN AGAMA KOTA PALEMBANG

  • Yessy Agustin Universitas Bina Darma
  • Rahayu Amalia Universitas Bina Darma
Keywords: KUA, SIMKAH, Pengelolaan data administrasi nikah, tingkat kesuksesan SIMKAH, Delone & Mclean (D&M), Statistical for the Social Sciences (SPSS)

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) adalah Kantor yang melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Indonesia di Kabupaten dan Kotamadya di bidang
urusan agama islam dalam wilayah kecamatan. Saat ini KUA sudah menerapkan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH). SIMKAH adalah program aplikasi yang digunakan dan khusus dibuat untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh KUA di Indonesia. Penelitian ini membahas tentang analisis kesuksesan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama. Maka dari itu, belum adanya pengukuran tingkat kesuksesan dalam penerapan SIMKAH tersebut, sehingga kurangnya efektivitas dalam pengelolaan data administrasi nikah berdasarkan permasalahan yang ada, penulis bertujuan untuk membuat suatu pengukuran tingkat kesuksesan pada SIMKAH. Model sukses sistem informasi menggunakan model Delone & Mclean (D&M). Sedangkan pengujian pengukuran tingkat kesuksesannya menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil dari penelitian berupa tingkat kesuksesan SIMKAH yang diterapkan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Alangalang Lebar, Kota Palembang. Dari penelitian ini diharapkan kesuksesan pada SIMKAH.

Published
2020-01-26