PENERAPAN DATA MINING PREDIKSI PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK TERLARIS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES (Study Kasus : Planet Cash And Credit Cabang Muara Enim)

  • Novi Pransiska UNIVERSITAS BINA DARMA
  • A. Haidar Mirza Universitas Bina Darma
  • Andri Andri Universitas Bina Darma
Keywords: Prediksi, Data Mining,Algoritma Naive Bayes

Abstract

Dalam menghadapi persaingan pasar untuk menghasilkan peningkatan pendapatan toko, pihak terkait harus menentukan strategi pemasaran produk yang dijual. Para pelaku bisnis juga harus membutuhkan sebuah analisis untuk memprediksi barang yang paling banyak terjual. Analisis yang dibutuhkan harus bias membantu dan memudahkan para karyawan took untuk mengetahui barang yang mudah habis terjual dengan  memprediksi data penjualan pada tahun-tahun sebelumnya dengan menerapkan data mining menggunakan algoritma naive bayes menggunakan data penjualan tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 di PT Solusi Prima Artha planet cash and credit cabang Muara Enim.

Published
2020-01-24