PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA E-LEARNING UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

  • Fiska Wana Universitas Bina Darma
  • Leon Andretti Abdillah Universitas Bina Darma
Keywords: E-learning, End User Computing Satisfaction, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penerapan e-learning pada saat ini terbukti tidak hanya menjadi trend didunia pendidikan. E-learning menjadi suatu kebutuhan untuk metode pembelajaraan berbasis teknologi dimana kegiatan pembelajaraan dilakukan secara online melalui sebuah sisitem atau aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan ruang dan waktu. Dalam penelitian bertujuan menganalisis mengukur kepuasan mahasiswa pengguna e-learning dengan menggunakan metode end user computing satisfaction(EUCS). Teridir dari 5 (lima) variabel yaitu, (content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan pengguna (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness) sebagai variabel independen dan kepuasan pengguna sebagai variabel dependen. Dari variabel tersebut dapat dilihat bagaimana tingkat kepuasan pengguna e-learning pada akademik Universitas Bina Darma. Universitas Bina Darma (UBD) adalah salah satu perguruan tinggi swasta dikota Palembang yang memiliki sistem e-learning. Bagi Universitas Bina Darma sistem e-learning merupakan media mengajar yang digunakan oleh dosen maupun mahasiswa untuk mengakses sistem e-learning untuk menyampaikan materi. Pengguna sistem e-learning berjumlah 5459 mahasiswa yang aktif strata 1 (satu) pada tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. jadi kuesioner yang kembali ke peneliti sebanyak 402 responden menggunakan simple random sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 24.

Published
2020-01-24