ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

  • Agustin Tri Handayani Universitas Bina Darma
  • Leon Andretti Abdillah Universitas Bina Darma
Keywords: Media Sosial, Technology Acceptance Model, UMKM.Media Sosial, Technology Acceptance Model, UMKM.

Abstract

Media internet atau media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran yang sedang berkembang pesat, dengan adanya media sosial kegiatan promosi usaha akan lebih cepat dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan mobile phone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh presepsi manfaat dan sikap penggunaan terhadap penerimaan media sosial, Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh presepsi kemudahan dan presepsi manfaat terhadap sikap penggunaann media sosial, Mengetahui dan Menjelaskan pengaruh manfaat terhadap kemudahan menggunakan media sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh para pelaku UMKM kuliner dikota palembang yang telah menggunakan media sosial sebagai media promosi dengan sampel sebanyak 105 pelaku UMKM dari jumlah seluruh UMKM sebanyak 11.250 unit. Hasil yang diperoleh dari uji validitas pada nilai pearson correlation dan dilihat pada nilai corrected item – total corelatiion menunjukan bahwa nilai rata-rata diatas 0,05 dan untuk nilai reabilitas pada nilai cronbach alpha menunjukan diatas 0,60 Dari analisis jalur (path) dapat disimpulkan: presepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan media sosial, sikap penggunaann tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan media sosial, varibel kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan, variabel manfaat berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan, dan variabel manfaat berpengaruh signifikan terhadap kemudahan pada nilai thitung 12,359 dengan sig t sebesar 0,000.

Published
2020-01-24