Peramalan jumlah penjualan kendaraan menggunakan metode fuzzy time series studi kasus pt. Astra Internasional tbk-tso Cabang Palembang (Auto 2000 Plaju)

  • Afrizal Taufiq Universitas Bina Darma
  • Evi Yulianingsih Universitas Bina Darma
  • Kurniati Kurniati Universitas Bina Darma
Keywords: Peramalan, fuzzy time series, trend analysis

Abstract

In competition in the business field, a management requires accurate and fast information, which is presented in an informative form as a basis for decision making to determine the right strategy in business competition. PT. Astra International Tbk-Tso is a company engaged in the sale of cars. As a large enough company, this company needs to carry out an activity that can predict business to survive in the future. One way that must be done to achieve these goals is forecasting. The forecasting system with fuzzy time series is used in this study because it is useful for capturing patterns from past sales data and then used to project future sales data. Fuzzy time series determines the percentage of buyer interest in a vehicle product in a certain period.

 

Dalam persaingan di bidang bisnis, suatu manajemen harus menentukan strategi yang tepat dalam pengambilan sebuah keputusan guna menyajikan informasi secara cepat dan akurat. PT. Astra Internasional Tbk-Tso merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mobil. Sebagai suatu perusahaan yang cukup besar, perusahaan ini perlu melakukan suatu kegiatan yang dapat memprediksi usaha untuk dapat bertahan dimasa yang akan datang. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah peramalan. Sistem peramalan dengan fuzzy time series digunakan dalam penelitian ini karena berguna untuk menangkap pola dari data penjualan yang telah lalu kemudian digunakan untuk memproyeksikan data penjulan yang akan datang. Fuzzy time series menentukan persentase minat pembeli terhadap suatu produk kendaraan dalam kurun waktu tertentu.

Published
2019-02-28