Analisis Graph Clustering terhadap User Behavior di Official Account Facebook Universitas Bina Darma Palembang

Studi Kasus pada Official Account Facebook Universitas Bina Darma Palembang

  • Ayu Gahardina Universitas Bina Darma

Abstract

Di saat perkembangan zaman yang terus meningkat, tidak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian orang menggunakan sosial media sebagai alat komunikasi.Bukan hanya menjadi alat komunikasi saja, bahkan sosial media menjadi ajang untuk menampilkan kebiasaan yang mereka lakukan. Tanpa disadari, semakin banyak informasi yang tersebar di sosial media mengenai informasi diri, maka akan menjadikan sebuah informasi yang dapat menguntungkan orang lain.

​Analisis perilaku pengguna (User  Behavior Analytic) sebagaimana didefinisikan oleh Gartner adalah proses keamanan siber tentang deteksi ancaman orang dalam, serangan yang ditargetkan, dan penipuan finansial. Solusi UBA melihat pola perilaku manusia, dan kemudian menerapkan algoritma dan analisis statistik untuk mendeteksi anomali yang bermakna dari pola tersebut.

​Gephi merupakan salah satu open source network visualization platform yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis berbagai kasus yang terjadi menggunakan visualisasi graf.Analisis tersebut dilakukan dengan menggunakan data yang telah di-scrapting dari sosial media sosial facebook Universitas Bina Darma untuk mendapatkan visualisasi data dari kasus yang diuji.  Dari hasil tersebut dilakukan proses graph clustering pada Gephi untuk mendapatkan kluster data. Kemudian hasil tersebutakan dilakukan analisis dan identifikasi sehingga dapat menjadi bahan untuk informasi mengenai user behavior sosial media.

Kata kunci : User Behavior Analytic, Graph Clustering, Sosial Media.

Published
2021-06-08