Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Sistem SJSFS ETA (Studi Kasus : PT. Nippon Indosari Corpindo tbk, Palembang) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
Studi Kasus : PT. Nippon Indosari Corpindo tbk, Palembang
Abstract
PT.Sinar Jernih Sarana adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa dan pelayanan tenaga kerja (Outsourcing). PT.Sinar Jernih Sarana mempunyai sistem yaitu SJSFS eTA (Sinar Jernih Sarana Facility Service Electric Timesite Attanden) untuk absensi karyawan, pengajuan cuti, dan membuat laporan pekerjaan harian. Hasil penelitian menunjukkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna sistem SJSFS eTA menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang menekankan pada kepuasan pengguna (User Satisfaction) yang terdiri dari 5 faktor yaitu : isi (Content), akurat (Accuracy), bentuk (Format), kemudahan pengguna (Ease Of Use) dan ketepatan waktu (Timeliness). Hasil yang didapatkan secara sendiri-sendiri (parsial) dengan menghitung menggunakan SPSS dari variabel Content (X1) dengan nilai sebesar (15,911) , variabel Accuracy (X2) dengan nilai sebesar (7,871), variabel Format (X3) dengan nilai sebesar (7,782), variabel Ease Of Use (X4) dengan nilai sebesar (7,772), variabel Timeliness (X5) dengan nilai sebesar (7,743) dan hasil nilai rata-rata keseluruhan (Simultan ) dari semua variabel bebas (Independen) dengan nilai sebesar 15.693.
Kata Kunci: Sistem SJSFS eTA, EUCS, Kepuasan Pengguna