Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Sistem SJSFS ETA (Studi Kasus : PT. Nippon Indosari Corpindo tbk, Palembang) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Studi Kasus : PT. Nippon Indosari Corpindo tbk, Palembang

  • Isti Ruwana Universitas Bina Darma

Abstract

PT.Sinar Jernih Sarana adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa dan pelayanan tenaga kerja (Outsourcing). PT.Sinar Jernih Sarana  mempunyai sistem yaitu SJSFS eTA (Sinar Jernih Sarana Facility Service  Electric Timesite Attanden) untuk absensi karyawan, pengajuan cuti, dan membuat laporan pekerjaan harian. Hasil penelitian menunjukkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna sistem SJSFS eTA menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang menekankan pada kepuasan pengguna (User Satisfaction) yang terdiri dari 5 faktor yaitu : isi (Content), akurat (Accuracy), bentuk (Format), kemudahan pengguna (Ease Of Use) dan ketepatan waktu (Timeliness). Hasil yang didapatkan secara sendiri-sendiri (parsial) dengan menghitung menggunakan SPSS dari variabel Content (X1) dengan nilai sebesar (15,911) , variabel Accuracy (X2) dengan nilai sebesar (7,871), variabel Format (X3) dengan nilai sebesar (7,782), variabel Ease Of Use (X4) dengan nilai sebesar (7,772), variabel Timeliness (X5) dengan nilai sebesar (7,743) dan hasil nilai rata-rata keseluruhan (Simultan ) dari semua variabel bebas (Independen) dengan nilai sebesar 15.693.

Kata Kunci: Sistem SJSFS eTA, EUCS, Kepuasan Pengguna

Published
2021-06-08