Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap #2019GantiPresiden Berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier
Abstract
Pemanfaatan media sosial ini tidak hanya untuk berkomunikasi antara teman saja, akan tetapi sering juga
dijadikan sebuah sarana untuk menyampaikan suatu aspirasi bagi masyarakat khususnya masyarakat indonesia mengenai masalah hukum ataupun masalah yang berhubungan dengan pemerintahan. Salah satu aspirasi yang disampaikan melalui sosial media ini adalah sebuah hastag yang banyak dilihat setiap harinya dengan tingkat tranding yang sangat tinggi yaitu sebuah hastag mengenai #Ganti Presiden 2019, dari statement ini munculah banyak sentimen dari setiap masyarakat, ada yang memberikan sentimen positif dan juga sentimen negatif mengenai tanggapan terhadap hastag tersebut yang sehingga dapat berdampak baik atau buruk bagi kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Dari permasalahan ini peneliti akan menganalisa untuk menghasilkan sebuah solusi dimana hastag tersebut apakah dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat umumumnya ataupun sebaliknya. Dalam menganalisa ini, peneliti menggunakan metode Naïve Bayes Classifier yang merupakan salah satu metode machine learning yang menggunakan perhitungan probabilitas, pengklasifikasian hastag otomatis ini dapat disesuaikan sehingga meminimalisasi aksi salah pengklasifikasian secara personal dengan memproleh informasi sentimen positif atau negatif.