IMPLEMENTASI METODE COSINE SIMILARITY UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA APLIKASI PENJUALAN BERBASIS MOBILE
Abstract
Pada sistem penjualan online, seringkali produk yang dicari oleh pembeli tidak terdapat pada sistem, namun ada produk yang memiliki kemiripan dengan produk yang dicari. Sistem rekomendasi ini memberikan informasi kemiripan produk dengan produk lain, contohnya shampo, obatan, dan produk perawatan lainnya, kemiripan tersebut dapat dijadikan pembanding sehingga membuka kemungkinan seseorang menyukai produk yang ditawarkan. Langkah penelitian ini mengikuti langkah pada metode pengembangan aplikasi RUP yakni inception, elaboration, construction dan transition. Hasil penelitian ini berupa aplikasi rekomendasi produk dengan menerapkan metode Cosine Similarity berbasis mobile. Pada tahap uji coba, dilakukan ujicoba efektifitas aplikasi dengan melakukan 5 kali uji coba dengan melihat kemiripan komposisi produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa hasil perhitungan persentase kemiripan produk secara manual sama dengan hasil perhitungan persentase kemiripan produk pada aplikasi rekomendasi. Metode Cosine Similarity dapat diterapkan pada aplikasi rekomendasi produk berbasis mobile untuk mencari angka persentase kemiripan produk dengan hasil kemiripan yang tinggi.