ANALISA PENERAPAN TEKNOLOGI PADA STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) KCP A.YANI PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi yang digunakan PT. Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk. KCP A. Yani dan mengetahui apakah teknologi yang diterapkan tersebut
memberikan kepuasan terhadap nasabah di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. KCP A.
Yani. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode
deskriptif ialah penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya.
Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan mengajukan kuisoner kepada
nasabah di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. KCP A.Yani. Analisis ini tidak memerlukan
perhitungan secara sistematis dan dilaksanakan dengan melihat hasil tabel pertanyaan yang diajukan
kepada nasabah pada saat melakukan penelitian dan data tersebut diperoleh dari penyebaran
kuesioner, Hasil pengumpulan data itu disajikan dalam bentuk table dan diolah menggunakan
software SPSS versi 24. Pada penelitian ini telah ditentukan 2 variabel, yaitu variabel bebas atau
variabel independen dan variabel terikat atau dependen. Yang menjadi variablel bebas adalah
Customer Relationship Management (X) terdapat 3 dimensi yaitu people, process, dan technology.
Kemudian Kepuasan Pelanggan (Y) menjadi variable terikat atau dependen.
Kata kunci: CRM , Teknologi, Penelitian deskriptif, Variable penelitian.